Jenis Tali Mooring Kapal Berdasarkan Kegunaannya

Jenis Tali Mooring Kapal Berdasarkan Kegunaannya

Tali mooring kapal memang harus ditentukan secara bijak. Apalagi saat ini kebutuhan yang ada di lapangan memang selalu tidak terduga. Dengan kondisi cuaca yang juga tidak menentu inilah, pemakaian tali penambat yang bagus tak akan memberikan resiko kepada semua kapal yang sedang bersandar di dermaga.

Banyak sekali faktor yang harus selalu diperhatikan dalam pemakaian tali penambat kapal. Ada juga beberapa jenis tali temali yang bisa diorder sesuai kebutuhan. Selama ini sudah ada beberapa jenis tali penambat kapal yang sudah terbukti kualitasnya berdasarkan bahannya. Berikut ini adalah ulasan lengkap yang bisa Anda ketahui.

Beberapa Jenis Tali Mooring Kapal

Didalam pasaran tanah air, sudah banyak pilihan tali mooring kapal yang bisa digunakan pada sistem penambatan. Sejumlah jenis tali yang bisa Anda jadikan piliha diantaranya:

Tali PP Monofilament

Ketika Anda memakai jenis tali PP Monofilament maka tidak perlu mengeluarkan dana besar dalam menganggarkannya. Karena jenis tali ini bisa dikatakan lebih ekonomis dikalangan pemakai tanah air. Meski murah jenis tali ini sangat tahan bahan kimia dan tak mudah menyerap air. Namun kapasitas pemakai jenis tali ini hanya bisa bagi pemilik kapal kecil dan ukuran sedang saja.

Tali PP Multifilament

Dibandingkan dengan jenis monofilament, jenis multifilament memang memiliki sedikit keunggulan. Dimana pemakai jenis tali ini sangat kuat dari gentakan dan gesekan. Namun soal berat ternyata jenis tali ini juga akan semakin bertambah jika terkena air. Karena sifat tali ini memang menyerap air lebih besar dibandingkan dengan jenis monofilament.

Tali Wire Rope

Untuk menghadirkan kekuatan lebih besar, tali wire rope bisa digunakan sebagai tali tambatan. Apalagi jenis tali ini memang memiliki breaking load lebih besar dan sifat kuatnya dari gentakan lebih baik dibandingkan dua jenis sebelumnya. Namun akan membuat pemakai lebih membutuhkan alat yang jauh lebih besar karena sifat beratnya yang akan menyulitkan jika dipakai di lapangan.

Tali Nylon

Dan tali mooring kapal yang paling memiliki keunggulan adalah jenis nylon. Karena jenis tali ini sangat unggul dari segi breaking loadnya. Akan tahan gesekan dan gentakan jika dipakai untuk menambat kapal berukuran besar. Selama ini sudah banyak dermaga dan kapal memakainya sebagai tali penambat paling awet. Namun segi anggaran yang dikeluarkan juga semakin tinggi karena harganya bisa dikatakan mahal dibandingkan beberapa jenis sebelumnya.